Tuesday 8 August 2017

TIPS AMPUH MENGHILANGKAN AROMA AMIS PADA ATI AMPELA



Tips - Bagi Anda penggemar jeroan ati ampela, kendala yang sering dihadapi ketika mengolah ati ampela adalah aromanya yang agak amis. Jeroan yang langsung dimasak akan menimbulkan aroma kurang sedap ketika disantap. Selain itu, sebaiknya cuci dan bersihkan terlebih dahulu ati ampela sebelum dimasak.

Memang banyak menu masakan khas Indonesia yang menggunakan ati ampela sebagai bahan utama, misalnya sambal goreng ati ampela atau sate ati ampela dan berbagai jenis masakan lainnya. Memasak jeroan akan terasa sedap jika diolah dengan cara yang benar. Tekstur yang empuk juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat memasak jeroan. 
Menghilangkan Bau Amis Pada Ati Ampela
Sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini untuk menghindari aroma jeroan yang amis. Bagaimana cara mengolah ati ampela sebelum dimasak agar tidak beraroma amis? 

1.    Rendam ati ampela dengan perasan air jeruk nipis.
Cara utama yang paling mudah adalah siapkan perasan air jeruk nipis secukupnya. Setelah ati dan ampela dicuci bersih, rendam ati ampela 15-30 menit pada perasan air jeruk nipis. Lalu bilas kembali ati ampela dengan air bersih. Dengan demikan, aroma amis pada ati ampela akan hilang. Manfaat lainnya adalah tekstur ati ampela juga akan lebih empuk.

2.    Rendam ati ampela dengan parutan jahe.
Sama halnya dengan perasan air jeruk nipis, jahe juga berguna untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela. Aroma yang agak pedas dan kuat dari jahe dapat menetralisir aroma amis ati ampela yang akan Anda masak. Caranya parut jahe secukupnya sejumlah banyaknya ati ampela yang akan Anda masak. Rendam parutan jahe bersama ati ampela selama 15-30 menit, lalu bilas ati ampela dengan air bersih. Setelah itu, barulah Anda bisa mengolah ati ampela sesuai dengan selera Anda.

3.    Balurkan bawang putih pada ati ampela.
Jika tidak tersedia jahe pada dapur Anda, gunakan bawang putih sebagai bahan ampuh untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela. Aroma bawang putih yang khas juga bisa berguna untuk menghilangkan aroma amis. Caranya haluskan atau parut bawang putih secukupnya. Lalu balurkan pada permukaan ati ampela dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas kembali dengan air bersih.

4.    Rebuslah ati ampela dalam air mendidih sebelum diolah menjadi suatu masakan.
Rebus air secukupnya sebanyak jumlah ati ampela yang akan Anda masak. Tunggu hingga air mendidih kemudian masukkan ati ampela yang telah dicuci bersih. Rebus selama 15-30 menit. Setelah itu tiriskan ati ampela. Buang sisa air rebusan. Setelah itu barulah ati ampela dapat kita olah menjadi masakan lezat.

Demikian Tips Ampuh Menghilangkan Aroma Amis Pada Ati Ampela. Semoga tips ini berguna dan bermanfaat bagi Anda yang ingin mengolah ati ampela menjadi masakan enak. Cara dan bahan yang digunakan cukup sederhana, mudah dipraktekkan. Ati ampela bebas dari aroma amis dan Anda dapat menikmati masakan favorit bersama keluarga.

No comments:

Post a Comment

RAHASIA CARA MEMBUAT AYAM POK-POK GURIH DAN ENAK

Resep Sederhana Dapur Mama (RSDM) – Bagi Anda penggemar jajanan jaman now berikut ini AYAM POK-POK, kini Anda bisa menikmatinya dengan ...